Pengenalan Game
Sejarah perkembangan Game
Game pertama kali diciptakan oleh Douglas pada tahun 1952. Douglas membuat game OXO, game grafis noughts and crosses (nol atau silang) di University of Cambridge untuk menunjukkan terdapat interaksi antara manusia dan computer. Bahkan permainnan ini masih dimainkan di internet dan masih tetap populer. Pada tahun 1947 dipercayai sebagai tahun di mana game didesain untuk dimainkan pada layar CRT (Cathode Ray Tube). Game sederhana dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Game yang dibuat adalah mensimulasikan peluru ditembakkan pada target dan game ini terinspirasi dari PD II.
Pada tahun 1958 William Higinbothan menciptakan sebuah game Tenis for Two pada osiloskop. Pada game ini bola seakan memiliki gaya gravitasi dan diharuskan untuk melewati net. Pada tahun 1972 dirilis video game untuk umum yang dapat dihubungkan dengan televisi. Meski tadi terlalu berhasil, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lesensi. Tetapi kesuksesan tercapai sejak Antari meluncurkan game Pong sebuah video game ping-pong. Dari game tersebut video dan komputer game menjadi terkenal dan menjadikan sebuah hobi bari di saat PC baru mulai dikenal dan dipakai secara luas. Perkembangan game computer dan video game yang semakin interaktif serta menarik merupakan sebuah poin penting untuk dicermati. Meski sejarah video game dan game computer mencakup waktu yang cukup lama namun keduanya meraih popularitas sebagai bagian manusia modern.
Mistery House merupakan sebuah game petualangan yang diciptakan oleh Roberta Williams dengan grafis pada Apple II. Meski interfacenya masih menggunakan teks dan tampilan hitam putih yang menggambarkan rumah bergaya viktoria merupakan sebuah gebrakan pada masa itu. Karena game ini memiliki banyak penggemar maka Roberta beserta suaminya membuat Sierra On-Line. Pada tahun 1980-an game sudah dapat dimainkan pada layar berwarna dan ini membuat pencinta game antusias. Suara dan musik pengiring ikut juga menyemarakan game di era ini melengkapi fungsi multimedia dan interaktif. Pada tahun 1980-an juga sudah terciptanya media penyimpanan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Pada era ini game sudah dapat terlihat 3 dimensi serta suara dan musik yang semakin berkembang.
Klasifikasi Game
Game dapat diklasifikasikan dalam beberapa permainan. Contohnya RPG ( Role Playing Game) yaitu permainannya yang dimulai dengan mejalankan suatu karakter ke tujuan akhirnya dimana didalamnya terdapat alur cerita game tersebut. Salah satu contoh lainnya adalah sport game yaitu game yang mensimulasikan pemain sedang mengikuti kegiatan olah-raga seperti aslinya.
Pengertian Game Online
Teknologi game online diilhami dari penemuan jaringan komputer pada saat itu. Dari konsep ini dikembangkan menjadi berbagai fitur baru termasuk game. Pertama masih menggunakan LAN namun dengan perkembangan zaman maka diperluas jangkauannya dengan menggunakan internet. Pada game online ini tidak sama seperti kita menginginkan browsing melainkan diwajibkan untuk meng-instal programnya dahulu. Tentunya jika menginginkan permainnan yang lebih bagus lagi perangkat keras atau bisa disebut hardware harus memadai. Perbedaanya game biasa dengan game online adalah kita diharuskan untuk mendaftarkan diri kita pada game tersebut. Untuk pendaftaran game online biasanya ada yang gratis ada juga yang memerlukan biaya. Untuk yang gratis setelah register bisa langsung memainkan game tersebut namun bagi yang tidak gratis kita diharuskan untuk memasukkan source code yang ada pada voucer games yang kita beli. Pada games online biasanya mengenal adanya level pada permainan. Semakin kita sering memainkan maka semakin cepat kita dapat menaikkan level permainan dan semakin tangkas dalam memainkan game tersebut. Di Indonesia game online berkemabang pada tahun 90-an, saat itu game Nexia beredar. Dan sekarang, salah satu game yang digemari adalah Ragnarok Online (RO), sebuah game yang terinspirasi dari sebuah komik. RO sangat digemari karena pemain mendapatkan kekuasaan penuh atas karakter yang dipunyai. Pemain dapat menciptakan karakter sesuai dengan keinginan, bahkan terkadang sifat pemain dapat tercemin dalam karakter yang diciptakan.
Begitu mewabahnya on line gaming, membuat para pengusaha warnet memakainya sebagai salah satu penarik minat gamers untuk mengunjungi tempat mereka. Banyak pelajar dan mahasiswa yang menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game. Mereka seringkali tidak mau diganggu, bahkan oleh dering telepon sekalipun.
Sumber : http://ressa-stis49.blog.friendster.com
http://first-things-first.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar