Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2010

implementasi Input / Output

Pada aplikasi game yang nanti akan dibuat ada beberapa input yang akan diproses untuk menghasilkan output sesuai dengan input yang diberikan. Pada awal bermain akan muncul sebuah form yang berisi tentang data pembuat program. Setelah menekan tombol next pada form pertama maka akan muncul form kedua yang berisi sebuah settingan yang nanti akan dipermainkan dalam game. Inputtan tersebut adalah user akan memilih apakah yang dibuat bermain sekumpulan angka ataupun sekumpulan huruf. Setelah menginput pilihan user akan menekan tombol next dan langsung bisa mulai bermain. Pada form permainan terdapat beberapa kotak yang harus disusun agar tertata urut, apabila semua kotak sudah terurut dengan benar maka akan ada tampilan sebuah pesan bahwa User telah berhasil menyelesaikan permainan tersebut. Apabila User ingin bermain kembali dapat dengan menekan tombol permainan baru dan jika user ingin melihat hasil akhir dari game tersebut dapat dengan menekan tombol hasil akhir.

Lp pert4 1IA21

1. JELASKAN SELENGKAP-LENGKAPNYA TENTANG : a. CLASS b. INHERITANCE c. CONSRUCTOR 2. BERIKAN CONTOH PROGRAM SEDERHANA MENGGUNAKAN CLASS, INHERITANCE, DAN CONSTRUCTOR!

Instalasi OGREMESH di BLENDER

Wah nulis lagi nih diblog setelah tugas softskill kelar heheheh. Ok deh langsung aja bagi temen-temen yang mau instalasi, bisa Download programnya di zip | SVN klik zip atau svn terserah lw Selanjutnya file tersebut di ekstrak and then Copy semua file yang telah di ekstrak ke C:\Users\Dhimas\AppData\Roaming\Blender Foundation\Blender\.blender\scripts Disana diletakkan data yang telah di copy tadi dengan di paste. Jangan lupa biasanya dihidden folder AppData. Cara-cara diatas gw gunakan di windows vista untuk windows XP coba-coba aja coz lom nyari. Setelah itu buka blendernya and then klik File-Export-OgreMesh... klo ada pertanyaan silahkan comment di tulisan ini terima kasih

Game Engine

Gambar
Awal kelahiran game engine Di masa lalu, hampir semua perusahaan game memiliki game engine mereka sendiri, menggunakannya untuk membuat game mereka, dan menyimpannya untuk diri sendiri. Semakin lama kebutuhan untuk game engine yang makin modern semakin bertambah. Waktu demi waktu, game engine yang mereka kembangkan sendiri mulai dirasa terlalu mahal untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini memicu beberapa developer untuk menciptakan game engine yang terbuka untuk di franchise kan . Sebagai contoh adalah id Tech dan Unreal Engine. Game Engine yang dijual dan di franchisekan secara umum semacam ini disebut dengan middleware. Middleware menawarkan harga yang relatif lebih murah, dan bagi kebanyakan studio game, menggunakan middleware merupakan solusi cepat dan ekonomis ketimbang harus membangun sendiri engine game mereka. Konsep dari game engine sebenernya cukup gampang, yaitu bahan dasar yang diperlukan sebuah game untuk menjalankan tugasnya, merender pixel demi pixel, menghitung p

LP untuk 1IA21

1. Sebutkan dan jelaskan fungsi pada python yang kalian ketahui! 2. Tuliskan Bentuk Umum dari masing-masing fungsi!

Sekenario Game

Game yang akan dibuat nanti adalah sebuah game untuk menyusun angka menjadi terurut yang sebelumnya tidak terurut. Pada awal permainan pemain akan diberikan kotak 4x4 dan ada 12 kotak untuk disusun. Setiap kotak terdiri dari angka-angka dari 1 sampai 11 dan diberikan sebuah kotak kosong yang berfungsi untuk memindahkan kotak-kotak tersebut. Jadi untuk mengurutkannya dengan cara memindahkan kotak-kotak tersebut ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Untuk memulai permainan dapat dengan cara menekan tombol permainan baru maka kotak-kotak tersebut akan secara langsung teracak selanjutnya pemain diberikan kesempatan untuk menyusun kotak-kotak yang teracak tersebut. Dan jika pemain tidak bisa menyelesaikan dapat dengan cara menekan tombol tujuan akhir agar kotak-kotak yang tadinya teracak bisa langsung tersusun secara urut kembali.

warna

Pada awalnya warna terbagi 4 macam yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral . dan teori ini di kemukakan oleh teori BREWSTER pada tahun 1831. kelompok warna tersebut sering disusun oleh brewster dalam bentuk lingkaran. Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad. Untuk warna primer atau biasa disebut warna dasar adalah merah,biru dan kuning bisa di singkat RYB(red, yellow dan blue). adapula warna primer lainnya yaitu warna primer additif yang berisikan warna RGB( red , green, dan blue) yang menciptakan sensasi warna. contoh umumnya digunakan pada televisi. selain itu juga ada campuran warna subtraktif yang berisikan warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Hitam disebut dengan \”K\” (key) dari istilah \”key plate\” dalam percetakan (plat cetak yang menciptakan detail artistik pada gambar, biasanya menggunakan warna tinta hitam). Untuk warna sekunder merupakan gabungan dari dua warna primer